Selasa, 11 November 2014

Usaha Percetakan Digital Printing - Dalam meniti sebuah bidang usaha, Anda harus mengetahui teknik dasar marketing, mulai dari sisi kewirausahaan, pemasaran, sampai pelayanan. Semua itu harus dipikirkan agar Anda bisa mencapai kesuksesan dalam membuka suatu bidang usaha.


Peluang
Kunci sukses berwirausaha adalah bisa mellihat peluang usaha yang sedang nge-tren dan dapat bertahan lama. Saat ini Anda lihat banyak di berbagai mall atau ruko, yang membuka usaha jasa digital printing, mulai dari cetak foto biasa, hingga desain cetak kaos, mug, pin, atau ID Card, tas, bantal, dan payung. Berbagai bentuk kreatif desain dan bentuk inovasi, mulai banyak diterapkan pada bermacam bahan media. Kelebihan usaha percetakan digital printing seperti ini adalah dapat diolah dengan menggunakan program komputer, konsumen dapat menunggu dalam waktu yang relatif singkat, dan langsung dapat melihat hasilnya, bahkan kadang ikur menuangkan ide-ide sesuai dengan keinginan konsumen. Bisnis ini lebih personal dengan menampilkan foto dari pada kaos, mug, pin, atau jenis lainnya. Hanya dengan membawa foto yang sudah dicetak atau foto yang masih berada di kamera digital maupun handphone.

Usaha ini merupakan perpaduan antara cetak foto digital, desain grafis, percetakan, dan periklanan. Respon dari berbagai kalangan masyarakat, mulai dari anak-anak, remaja, hingga orang tua sangat baik. Misalnya pin, sangat disukai oleh anak-anak sekolah dasar, remaja-remaja, perempuan (sebagai aksesoris), bahkan dapat dipergunakan oleh organisasi-organisasi (seperti ibu-ibu PKK atau kampanye partai-partai politik). Hal lain yang harus diketahui dalam usaha mencetak kaos, mug, pin, ID Card, tas dan payung, adalah mengetahui pemasaran produk-produknya, cara pelayanan terhadap konsumen, mengetahui kebutuhan alat dan bahan yang diperlukan, besar modal untuk investasi, juga menetapkan harga jual hasil produksi Anda.

Pemasaran
Sebelum Anda memulai usaha percetakan digital printing dan memproduksinya, Anda harus mengenal konsumen, sehingga Anda tidak kesulitan untuk memasarkan dan menjual produk Anda. Dibawah ini ada beberapa contoh peluang pasar:
- Digunakan sebagai produk identitas. Sekolah dasar (SD) hingga perguruan tinggi, baik negeri maupun kantor perusahaan swasta, kantor pemerintahan daerah maupun kantor perusahaan swasta.
- Digunakan sebagai barang souvenir atau kenang-kenangan. Sebagai souvenir pada pesta hari pernikahan, khitanan, lounching produk, dan lokasi pariwisata untuk para tamu yang menghadiri acara tersebut.
- Sebagai barang hadiah atau event. Memperingati HUT RI 17 Agustus. Doorprize, dan hadiah perkawinan.
- Sebagai barang iklan. Perdagangan, promosi, dan perkenalan produk.
- Sebagai koleksi, hobby, peringatan keluarga, ulang tahun, dan kenaikan kelas.
Dalam memasarkan produk, Anda harus selalu proaktif, siapkan brosur dan marketing door to door atau melalui media dan website. Pasarkan dalam bentuk paket seperti “3 in 1” kao-pin-mug satu harga (misalnya Rp. 50.000).

Pelayanan
Dalam berusaha Anda harus memperhatikan bagaimana cara melayani konsumen secara baik, sehingga konsumen mendapat kepuasan dan kepercayaan kepada Anda. Ada beberapa cara melayani konsumen dengan baik:
- Bersikap ramah terhadap semua konsumen, baik yang baru maupun yang sudah lama Anda kenal.
- Mempersilahkan duduk disertai senyuman.
- Sapalah dengan ramah “Apa yang bisa saya bantu?”
- Penampilan Anda harus rapi dan bersih.
- Bersikap sopan.
- Saat Anda komunikasi dengan konsumen dengarkan dengan baik, jangan memotong pembicaraan konsumen.
- Biasakan suasana ruang kerja yang bersih dan rapi.
- Fleksibel saat melayani konsumen, tidak pilih-pilih konsumen, tetapi tetap “Firs come, firs serve”.
- Memberikan nilai tambah pada produk yang Anda jual supaya konsumen puas dan yakin terhadap kualitas produk Anda.
- Berikan pelayanan yang nyaman, aman, dan tepat waktu kepada konsumen, sehingga konsumen mempunyai kesan baik terhadap usaha Anda.
- Memelihara hubungan dengan konsumen, agar terjalin order berulang untuk jangka panjang.
- Promosi mulut ke mulut terbukti lebih efektif.

Sukses Berusaha
- Menghasilkan produk bagus, unik, khas, dan rapi.
- Inovatif dan kreatif.
- Harga bersaing dengan sehat, sesuai produk yang Anda jual.
- Pelayanan ramah, tanggap, dan cepat.
- Promosi gencar, baik itu melalui media cetak brosur, elektronik, maupun dari teman ke teman.
- Penyajian produk yang memuaskan konsumen dan dikemas secara menarik.



KLIK 
www.desainpercetakan.net
www.desaincuttingsticker.com

Categories:

0 komentar:

Posting Komentar